:::: MENU ::::

Ngobrol Game Design 06: Tipe Pemain

Minggu lalu kita telah membahas beberapa dampak interaksi yang bisa kita hadirkan dalam sebuah game dan bagaimana semua itu bisa kita optimalkan. Untuk bisa mengoptimalkan berbagai dampak interaksi tersebut kita harus terlebih dahulu bisa mengenali berbagai karakteristik atau tipe pemain yang menjadi target dari game yang kita desain/kembangkan dan ini yang akan jadi bahasan utama kita minggu ini.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Richard Bartle setiap pemain bisa dikelompokkan ke dalam 4 tipe karakter berikut:

  1. Achievers adalah karakter pemain yang selalu coba menaklukkan tantangan apapun demi pencapaian terbaik
  2. Explorers adalah karakter pemain yang bersemangat menjelajah area baru, mencoba hal baru, dan menemukan berbagai kombinasi baru.
  3. Socialisers adalah karakter pemain yang begitu tertarik untuk selalu mendengar dan membangun hubungan dengan orang lain.
  4. Killers adalah karakter pemain yang memiliki motivasi tinggi untuk menggangu atau menghambat pemain lain.

Walau penelitian dan pembagian tipe pemain tersebut di atas didasarkan pada data pemain multiplayer online games, namun secara umum 4 karakter pemain di atas juga sesuai untuk berbagai jenis game lainnya.

Seorang game designer kemudian harus mampu menghadirkan game yang tepat untuk berbagai karakter pemain yang menjadi target utamanya. Hal ini sedemikian pentingnya sehingga kemampuan mengenali karakter pemain menjadi salah satu kemampuan yang harus selalu diasah dan ditingkatkan oleh seorang game designer. Dengan kata lain seorang game designer harus selalu mengasah kemampuan empatinya. Ketika sebuah game didesain secara tepat sesuai dengan karakter dari target pemainnya maka game tersebut bisa dipastikan akan bisa dinikmati dan disukai.

Di sisi lain, sebagai seorang game designer kita harus sadar sepenuhnya bahwa sangat sulit untuk menciptakan sebuah game yang akan disukai oleh semua orang (semua tipe pemain). Namun kita juga harus percaya bahwa pada diri tiap orang akan selalu ada minimal satu game yang akan mereka sukai – sehingga adalah kewajiban seorang game designer untuk terus berkreasi dan menghadirkan sebanyak mungkin game yang berkualitas sehingga setiap orang bisa menemukan game yang akan mereka sukai. Ini mungkin juga kunci utama untuk membawa industri game kita menjadi lebih baik, dengan terus berusaha menghadirkan sebanyak mungkin variasi game Indonesia yang berkualitas.

Demikian ngobrol game design kita minggu ini. Jika ada saran, masukan, atau pertanyaan apapun silahkan bisa membaginya via kolom komentar di bawah ini.

Sumber gambar: Gamification at Work by Janaki Mythily Kumar and Mario Herger.

So, what do you think ?