:::: MENU ::::

Ngobrol Game Design 05: Interaction Impacts

Artikel ini sebelumnya telah dipublish di segitiga.Net

Minggu lalu kita sudah bahas berbagai elemen game yang perlu dipahami untuk jadi landasan proses game design yang kita lakukan. Minggu ini kita akan lanjut obrolan kita tentang bagaimana mengkombinasikan berbagai elemen game tersebut untuk mengoptimalkan interaction impacts, atau berbagai dampak interaksi dari sebuah game.

Secara garis besar ada 3 interaction impacts yang bisa kita optimalkan dari sebuah game:

1. Engagement

Engagement atau keterlibatan di sini adalah suatu kondisi ketika pemain terlibat secara penuh dengan game. Berbagai objektif yang dihadirkan dalam game secara langsung maupun tidak langsung telah menjadi objektif dari pemain itu sendiri.

Karena hal tersebut, pemain kemudian mampu menumbuhkan motivasi internal mereka untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadirkan. Ketika kita bisa mengoptimalkan berbagai interaksi yang ada untuk menggiring pemain dalam kondisi ini (engage), maka pemain akan mampu menikmati game yang kita hadirkan secara menyeluruh.

Secara umum, cerita atau tema (story) latar dan pilihan strategi (gameplay mechanics) yang kita desain akan sangat berpengaruh pada seberapa mudah pemain bisa terlibat penuh dalam sebuah game (engage).

2. Content Awareness

Content awareness adalah suatu kondisi ketika pemain mampu menyerap berbagai informasi yang ada dalam sebuah game. Bahkan dalam kondisi optimal berbagai informasi tersebut kemudian mampu menumbuhkan rasa ingin tahu (curiosity) dan memotivasi pemain untuk mengumpulkan berbagai informasi tambahan.

Cerita atau tema (story) latar dan elemen teknologi untuk menghadirkan variasi yang optimal umumnya sangat berpengaruh dalam upaya kita membangun content awareness ini.

3. Replayability

Replayability adalah suatu kondisi ketika pemain termotivasi untuk kembali memainkan game yang kita desain. Ketika pemain memiliki motivasi yang cukup untuk kembali memainkan game yang kita desain maka ia berkesempatan untuk mengalami pengalaman berulang. Dan ketika setiap pengalaman tersebut mampu menghadirkan FUN maka akumulasi FUN yang diterima akan memberikan sensasi tersendiri bagi pemain.

Berbagai pilihan strategi (gameplay mechanics) dan elemen teknologi yang kita desain akan sangat mempengaruhi level replayability dari sebuah game.

Ketiga dampak interaksi dan berbagai elemen game yang mempengaruhinya bisa digambarkan dalam grafik sederhana berikut:

Ngobrol-Game-Design-Interaction-Impacts-Graph

Grafik untuk Interaction Impacts.

Ketika kita bisa mengoptimalkan berbagai elemen game yang ada maka 3 dampak interaksi di atas juga akan bisa hadir secara optimal, dan ketika itu terjadi artinya kita telah berhasil mendesain game sebagai sebuah media yang luar biasa. Ini yang sesungguhnya menjadi pontensi besar dari sebuah game.

Demikian ngobrol game design kita minggu ini. Jika ada saran, masukan, atau pertanyaan apapun silahkan bisa membaginya via kolom komentar di bawah ini. Akan jadi kebahagiaan tersendiri jika kita bisa lanjut ngobrol game design ini sama-sama.


So, what do you think ?