:::: MENU ::::

Ngobrol Game Design 0.2: Empat Tipe “FUN”

*Artikel ini sebelumnya telah dipublish di Segitiga.Net

Setelah minggu lalu kita ngobrol sedikit tentang apa itu game design dan peran game designer, minggu ini kita bahas tentang hal paling mendasar yang harus selalu bisa kita hadirkan dalam setiap game: FUN.

Ada banyak definisi tentang game (kita akan bahas di kesempatan lain), namun secara umum kita bisa sepakati bahwa game adalah sebuah produk atau aktivitas yang mampu memberikan pengalaman menyenangkan (FUN) sehingga kita secara sukarela bersedia untuk berinteraksi di dalamnya, baik dengan segala elemen yang ada maupun dengan pemain lainnya.

DISCLAIMER: Tulisan ini bersifat opini dari penulis sebagai pribadi. Segala opini dan pemikiran yang terdapat di dalamnya tidak mewakili Segitiga.Net sebagai entitas.

Banyak penelitian membuktikan dorongan utama kita bermain game sebenarnya bukan karena game itu sendiri, melainkan karena pengalaman yang dihadirkannya. Dengan kata lain FUN adalah hal paling mendasar yang harus bisa kita hadirkan dalam setiap game, tanpa adanya faktor FUN tersebut maka game akan kehilangan esensinya.

4 Tipe Utama FUN

Lalu sebenarnya apakah faktor FUN ini? Apakah hanya terbatas pada berbagai hal yang membuat kita tersenyum atau tertawa gembira?

Menariknya, ternyata FUN bisa hadir dalam tipe yang berbeda. Dalam banyak game, FUN bisa hadir setelah kita menyelesaikan tantangan yang cukup sulit dan kompleks. Bahkan dalam beberapa game yang didesain secara luar biasa, FUN bisa tetap hadir bahkan ketika kita gagal (ambil contoh permainan Tetris).

Nicole Lazzaro, Founder dan President dari XEODesign, Inc. melakukan sebuah riset terkait berbagai bentuk pengalaman yang menjadi pendorong utama mengapa orang bermain game. Dari riset tersebut ia kemudian mengklasifikasikan FUN ke dalam 4 tipe utama:

  1. Easy FUN: pengalaman menyenangkan yang kita dapatkan dari hasil eksplorasi, melihat dari sudut pandang baru (role play), dan berbagai bentuk kreativitas yang dilakukan (untuk menyelesaikan sebuah masalah)
  2. Hard FUN: pengalaman menyenangkan yang kita dapatkan dari pencapaian sebuah target yang sulit atau dari penyelesaian sebuah tantangan yang cukup kompleks
  3. People FUN: pengalaman menyenangkan yang kita dapatkan dari berbagai bentuk interaksi (kompetisi atau kerja sama) dengan pemain lainnya
  4. Serious FUN: pengalaman menyenangkan yang kita dapatkan dari perubahan kondisi (emosi) maupun pemikiran kita (pemain), misal dari perasaan jenuh menjadi bersemangat

Tidak semua game mampu menghadirkan 4 tipe FUN tersebut di atas secara sekaligus. Namun disadari atau tidak, saat ini kita bisa menemukan berbagai game yang mampu menghadirkan sebagian besar tipe FUN di atas, bahkan beberapa game mungkin telah mampu menghadirkan keempat FUN tersebut secara optimal.

Menariknya masing-masing tipe FUN tersebut juga terkait erat dengan potensi game itu sendiri. Ketika sebuah game mampu menghadirkan Easy FUN, dengan kata lain game tersebut mampu memotivasi kita untuk bereksplorasi, melihat dari sudut pandang beda, dan mengasah kreativitas kita.

Ketika sebuah game mampu menghadirkan Hard FUN, maka sebenarnya game tersebut mampu memotivasi kita untuk bisa fokus menyelesaikan tantangan yang sulit.

Ketika sebuah game mampu menghadirkan People FUN, maka game tersebut mampu memotivasi kita untuk berinteraksi dengan pemain lain secara intensif.

Ketika sebuah game mampu menghadirkan Serious FUN, maka artinya game tersebut mampu memotivasi hadirnya sebuah bentuk perubahan di dalam diri pemainnya.

Dengan kata lain, game sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa dan seorang game designer memiliki peran untuk bisa mengoptimalkan berbagai potensi tersebut. Bayangkan betapa banyak hal positif yang bisa kita hadirkan lewat game jika kita benar-benar bisa mendesainnya dengan baik.

Jika Anda punya pertanyaan atau pendapat apapun tentang bahasan kita minggu ini, silahkan bisa membaginya di kolom komentar di bawah. Mari kita lanjut ngobrol game design sama-sama!


So, what do you think ?