:::: MENU ::::

Ngobrol Game Design 0.1: Mari Ngobrol Sama-Sama

*Artikel ini sebelumnya telah dipublish di Segitiga.Net

Beberapa tahun lalu, ketika saya mengatakan bahwa profesi saya adalah game designer, banyak pihak masih mengernyitkan kening dan menatap penuh tanya, seakan baru mendengar sebuah kata asing yang sulit dicerna. Belakangan ini, di berbagai kesempatan saya mendengar banyak rekan muda yang bercita-cita untuk menjadi game designer terbaik Indonesia.

Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bahwa profesi yang hingga saat ini belum diakui secara resmi telah menjadi sebuah pilihan cita-cita. Untuk mendukung mereka semua juga untuk sama-sama belajar hadirkan game Indonesia yang lebih baik, mulai hari ini setiap Jumat kita buka obrolan sederhana tentang proses game design serta beberapa hal lain terkait potensi industri game itu sendiri.

DISCLAIMER: Tulisan ini bersifat opini dari penulis sebagai pribadi. Segala opini dan pemikiran yang terdapat di dalamnya tidak mewakili Segitiga.Net sebagai entitas.

Untuk bahasan pertama ini mari kita bahas sedikit tentang game design. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan game design, dan mengapa game designer menjadi profesi yang menarik?

Game Design yang Baik Harus Memerhatikan Pemainnya

Game design adalah sebuah proses untuk merancang sebuah game secara menyeluruh, termasuk di dalamnya bagaimana sebuah game dimainkan (mekanisme permainan), konten apa saja yang dihadirkan, dan bagaimana interaksi antara pemain dengan game, interaksi antara satu pemain dengan pemain lainnya, dan interaksi setiap komponen di dalam game itu sendiri.

Karena game adalah sebuah media interaktif (interaksi menjadi hal yang mutlak), maka proses perancangan atau desainnya menjadi sebuah tantangan tersendiri. Seorang pemain bisa menikmati sebuah game ketika ia sadar bahwa setiap keputusan (interaksi) yang ia lakukan adalah hal yang berarti dan akan mempengaruhi proses selanjutnya.

Dengan kata lain, game design adalah sebuah proses yang fokus pada pemain (player-centric) dan ketika kita berharap game yang kita desain dimainkan oleh banyak pemain artinya kita harus bisa mengerti karakteristik mereka semua dengan baik, ini yang menjadi tantangan besar.

Game, Sebuah Media dengan Potensi yang Luar Biasa

Di lain sisi karena adanya proses interaksi tersebut maka game menjadi sebuah media dengan potensi yang luar biasa. Ambil contoh dalam sebuah proses belajar atau diskusi, kita akan lebih mudah mencerna sebuah informasi jika memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan sumber informasi (bertanya, atau memberi tanggapan) dengan catatan sang sumber informasi kompeten untuk menyampaikan informasi tersebut.

Hal yang sama berlaku untuk game.

Sebagai sebuah media interaktif, game memiliki potensi untuk bisa menyampaikan informasi lebih efektif dibanding media lain yang bersifat satu arah. Tentu dengan catatan bahwa game tersebut didesain dengan baik untuk menyampaikan informasi yang dimaksud.

Bahkan game pada umumnya bisa lebih dari sekedar memberikan informasi, ia juga bisa menghadirkan sebuah pengalaman serta menumbuhkan berbagai motivasi bagi pemainnya. Ini alasan mengapa game memiliki potensi luar biasa.

Game Wheel of Fortune Sebagai Promosi Walls

Game Wheel of Fortune Sebagai Promosi Walls

Dengan desain yang tepat, game bisa digunakan untuk memenuhi berbagai objektif:

  • sekedar untuk memberikan hiburan,
  • menyampaikan informasi (promosi atau edukasi),
  • menghadirkan pengalaman khusus atas situasi tertentu (simulasi), atau
  • menghadirkan ketiganya secara sekaligus.

Atas dasar hal tersebut, potensi game sebenarnya tidak hanya terbatas sebagai media hiburan belaka. Kita bisa memanfaatkannya untuk banyak hal lain dari mulai mendukung proses pembelajaran, menyampaikan berbagai gagasan positif, melakukan pengumpulan data secara efektif, dan bahkan memotivasi hadirnya perubahan positif di masyarakat. Yang dibutuhkan untuk bisa menghadirkan semua itu adalah sebuah proses game design yang tepat.

Game Designer Mampu Memotivasi Perubahan

Game designer adalah mereka yang beruntung sekaligus berani mengambil peran untuk bisa melakukan berbagai proses di atas. Dengan potensi game yang begitu luar biasa, seorang game desainer sesungguhnya berkesempatan menyampaikan berbagai ide, gagasan, dan bahkan memotivasi sebuah perubahan.

Ada tanggung jawab besar di sana, karena seorang game designer sesungguhnya memiliki kesempatan untuk menciptakan sebuah media yang bisa memotivasi berbagai perubahan. Ini yang membuat profesi game designer menjadi menarik.

Demikian sedikit obrolan pembuka kita minggu ini. Jika Anda memiliki pandangan lain tentang game design dan mengapa profesi game designer menarik, silahkan bisa membaginya di kolom komentar di bawah ini.

Setiap obrolan lanjutan akan jadi bahan menarik untuk bahan diskusi kita selanjutnya. Mari kita lanjut ngobrol game design sama-sama!


So, what do you think ?