:::: MENU ::::

Baju


on Instagram: https://www.instagram.com/p/Bnf8kNyjqV8/
#ceritapampam Pakaian. Satu hari pernah mendapat pertanyaan, kenapa di banyak kesempatan pakaian Pampam, Mamam, dan Kiriya hanya itu-itu saja? Memang itu baju favorit ya? Iya – karena memang baju kami tidak banyak jadi semuanya jadi baju favorit.
.
Tuan putri, semenjak Pampam Mamam menikah kami sepakat untuk menyimpan/menggunakan apa yang memang diperlukan saja, termasuk soal pakaian. Itu sebabnya rumah kita tidak banyak perabotannya, seperti juga pakaian kita. Tiap kali kita dapat rejeki pakaian yang baru (yang hanya kami beli jika perlu) maka pakaian yang lama harus disumbangkan, sehingga jumlahnya selalu secukupnya saja.
.
Apa pampam mamam tidak malu jika orang-orang tahu pakaian Pampam cuma sedikit saja? Mengapa harus malu? Seluruh pakaian kita selalu bersih dan karena pakaian kita sedikit- dimanapun kita berada kita selalu coba menggunakan pakaian terbaik yang kita punya. Selain itu- walaupun sedikit, Pampam Mamam punya cukup untuk bisa berpakaian sesuai kegiatan kami berdua, sesuai norma, dan sesuai budaya yang ada. Bukankah itu esensi berpakaian? Sebuah bentuk penghormatan tanpa perlu berlebihan.
.
Tapi bukankah pampam harus tampil di depan banyak orang, mengajar, memberi pelatihan di berbagai perusahaan? Tidak malu kalau ketahuan pakaiannya sama terus? Tuan putri, jika orang kemudian memandang rendah kita karena pakaian kita, itu hak mereka. Kewajiban kita adalah untuk selalu menghormati mereka dan untuk terus sibuk berkarya sebaik kita bisa. Pampam lebih senang jika Pampam didengarkan karena karya Pampam dianggap baik dan bermanfaat, dibandingkan didengarkan hanya karena terlihat keren memakai pakaian bermerek.
.
Apakah ini artinya Pampam mamam akan marah kalau ada yang memberi Kiriya pakaian yang bagus atau kelak Kiriya membeli beberapa pakaian bagus? Tidak, karena rejeki Adinda sepenuhnya adalah milik Adinda. Pampam akan marah jika hal itu membuat adinda besar kepala dan lupa berkarya. Tapi jika boleh pampam mengingatkan, Adinda sudah cantik, akan selalu cantik, dan bahkan akan semakin cantik (seperti Mamam), jadi mengapa perlu repot memiliki pakaian lebih dari yang diperlukan?


So, what do you think ?